art is what you can get away with

Selasa, 09 November 2010

Basic Lesson of PHOTOGRAPHY (2)

Lensa

Lensa merupakan bagian penting juga dalam fotografi, lensa merupakan jendela masuk cahaya ke dalam media fotografi yaitu kamera. nah, oleh karena itu penting untuk kamu ketahui jenis-jenis lensa. Soalnya, beda jenis kan berarti beda fungsi juga.
 Berdasarkan Sudutnya
1. Wide Angle/Sudut Lebar
        Lensa jenis ini memiliki sudut pengambilan gambar yang lebar, biasanya digunakan untuk memotret dokumentasi acara dan orang tunggal.
Jangkauan lensa normal : 35mm sampai 70 mm
2. Tele Angle/Sudut Jauh
        Lensa jenis ini memiliki sudut pengambilan gambar yang sempit sehingga bisa mengambil gambar yang jauh, biasanya digunakan untuk memotret olahraga, satwa liar, serta objek lainnya yang jauh jarak pemotretannya.
Jangkauan lense tele : 70mm sampai 800mm

Berdasarkan Jenisnya
 1. Lensa fix
         Lensa fix atau prime lense hanya memiliki satu sumbu atau satu ukuran untuk satu lensa, nggak bisa melakukan zoom sehingga untuk melakukan perubahan sudut kamu harus maju atau mundur. biasanya lensa jenis fix ini mmiliki elemen cermin yang sedikit di dalamnya dan memiliki diafragma yang besar seperti 1.2, 1.8. Lensa ini cocok banget buat para pemula. Soalnya keterbatasan lensa ini bakal "memaksa" kamu untuk selalu bergerak mencari sudut pandang yang lebih baik untuk hasil foto yang maksimal.


2. Lensa Zoom
       Lensa ini memiliki beragam jenis sumbu atau ukuran dalam satu lensa, sehingga mudah dan praktis dibawa kemana-mana. Karena hanya pelu satu lensa untuk mrndapat berbagai sudut pemotretan, cukup putar gelang zoom pada lensa maka kamu bisa mendapat sudut lebar sampai sudut jauh, lensa jenis ini memiliki diafragma yang tidak terlalu besar. Maksimal hanya 2.8. Contoh lensa Zoom"16-35mm, 24-70mm, 70-200 mm, 100-400 mm, dll.
         FYI, walau lensa jenis zoom mudah digunakan karena dalam satu lensa terdapat banyak ukuran. Tapi soa; kualitas, lensa zoom masih dibawah lensa fix loh. Soalnya di dalam sebuah lensa zoom terdapat banyak elemen cermin yang mengakibatkan penurunan kualitas cahaya karena tersaring oleh cermin-cermin itu. Tapi lensa fix biasanya hanya punya 2 atau 3 elemen cermin pada setiap lensa, sehingga penyaringan cahaya lebih sedikit. So foto akan terlihat lebih tajam.                                                               Sumber : Gogirl Magz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar