art is what you can get away with

Senin, 08 November 2010

Basic Lesson of PHOTOGRAPHY (1)

Jenis - Jenis Kamera
Sejak kamera ditemukan, teknologi fotografi terus berkembang. nah, perkembangan itu terbukti dengan terdapat banyaknya jenis-jenis kamera yang dibagi berdasarkan sistem pengamatan dan formatnya.
Berdasarkan Sistem Pengamatannya
Kamera non refleks
Kamera ini adalah kamera yang nggak pakai cermin putar dalam proses pemotretannya. contoh dari jenis kamera ini adalah kamera langsung jadi (polaroid) dan kamera kompak (pocket)
Kamera Refleks
Seperti yang diketahui kalau film terdiri dari film negatif dan positif. Nah, kedua jenis film tersebut punya ukuran yang berbeda-beda atau yang dinamakan format film.

1. Kamera format 35 mm (small format camera)
      Dengan format film 35 mm menjadikan kamera ini enak dipegang, fleksibel dan juga ringan. tapi kamera  ini memiliki kekurangan pada hasil pembesaran foto. Format film ini yang biasa kamu temui di toko-toko fotografi pada umumnya.
2. Kamera format medium (medium format camera)
         Menggunakan format film 120 mm. umumnya digunakan buat memotret objek yang hasilnya akan diperbesar secara maksimal dan dibutuhkan ketajaman maksimal pula. seperti untuk billboard, poster bioskop, iklan, dll. biasanya penggunaannya di dalam studio foto.
3. Kamera format besar (large format camera)
       Biasa disebut view camera dengan menggunakan film 4x5 inci atau 8x10 inci. biasanya kamera ini digunakan buat pemotretan di bidang arsitektur atau landscape karena kamera jenis ini mampu menambah ruang tajam gambar sehingga detil gambar jadi lebih baik.                                     Sumber : Gogirl Magz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar